Serangan Siber Diperkirakan Terjang Android pada 2013

NEPATRONews.com, Jakarta: Serangan siber akan menerjang sistem operasi Android pada 2013. Hal itu diprediksi perusahaan penyedia layanan keamanan komputer dan jaringan Trend Micro.

"Ramalan kami tentang serangan ke (perangkat bersistem operasi) Android meleset pada tahun lalu. Tapi pada 2013, kami meramalkan lebih dari satu juta malware akan menyerang Android," kata Manajer Pengembangan Bisnis Trend Micro Indonesia, Aulia Huriadi, di Jakarta, Kamis (27/12).

Aulia menyebut sisi keamanan sistem operasi baru Microsoft, Windows 8, masih terbatas hanya untuk pengguna individu. Sistem keamanan tersebut belum menyasar pengguna korporat.

"Pelaku kejahatan siber terus menggunakan layanan komputasi awan yang sah seperti Dropbox, Pastebin, Google Docs, ataupun blog, Facebook, dan Twitter untuk mengirim script bagi serangan sebelumnya," kata Aulia.

Perkembangan perangkat digital yang semakin merambah ranah individu seperti televisi digital, menurut Aulia, membuka peluang ancaman ke lokasi-lokasi yang tidak terduga.

"Serangan siber dunia juga dengan motif politis akan lebih merusak, seperti Flame atau Stuxnet," kata Aulia.

Trend Micro juga meramalkan aturan hukum terkait pelaku kejahatan siber di berbagai negara akan efektif pada dua hingga tahun mendatang.

Jenis-jenis ancaman siber pada tahun depan pun, lanjut Aulia, akan semakin canggih yang tidak terbatas pada umpan (phishing) dengan worm ataupun pemakaian keylogger untuk mentransfer dana secara otomatis.

Aulia mengatakan Benua Afrika akan menjadi lokasi aman bagi para pelaku kejahatan siber, baik secara maya ataupun fisik, karena mempunyai pipa koneksi Internetnya mencapai lebih dari empat giga bit.

Iklan

Ditandai:

One thought on “Serangan Siber Diperkirakan Terjang Android pada 2013

  1. henkyyoga Desember 29, 2012 pukul 2:47 am Reply

    wah untung aja aku gak pake Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: