Waspadai Maraknya Kejahatan Belanja Online

NEPATRONews.com, Jakarta: Calon pembeli barang di dunia maya harus selektif dan waspada saat berbelanja. Pasalnya, kini semakin banyak pelaku kejahatan yang berniat mengambil keuntungan dari sistem penjualan ini.

"Calon pembeli yang berbelanja melalui situs penjualan online harus memastikan situs internet yang dikunjungi benar. Ini sebagai langkah awal mencegah penipuan di dunia maya," kata Business Manager Trend Micro, Aulia Fajar Huriadi, dalam diskusi ‘Kupas Tuntas Kejahatan Cyber dan Trend Online Shopping’ di Jakarta, Kamis (27/12).

Menurutnya, kesalahan mengetik satu karakter di alamat internet saja bisa menyebabkan calon pembeli terhubung dengan situs yang mirip namun digunakan untuk menipu.

Karenanya, lanjut Aulia, ketelitian ini berlaku juga saat melakukan pembayaran secara online. Calon pembeli harus memastikan transaksi pembayaran dilakukan melalui situs pembayaran yang sudah terjamin keamanannya.

Dia mengimbau calon pembeli untuk mewaspadai berbagai penawaran melalui email atau penawaran melalui media lain yang terlalu bombastis.
Untuk menjamin keamanan dalam melakukan pembelian secara online, pihaknya berharap calon pembeli menghindari membuka tautan yang tidak dikenal. Selain itu, diperlukan juga sikap tidak mudah percaya pada seseorang dan mewaspadai email-email penawaran yang masuk.

Calon pembeli juga harus mengecek data transaksi yang dilakukan secara online terutama bila menggunakan kartu kredit serta memasang program keamanan untuk perangkat komputer.

Sumber: Metrotvnews.com

Iklan

Ditandai:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: