Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Remaja

NEPATRONews.com, SMP Negeri 4 Metro: Uban atau rambut yang memutih tak selalu muncul pada mereka yang sudah berumur saja. Kadang, mereka yang masih remaja juga sudah memiliki uban. Jangan panik dulu, tidak hanya kulit wajah saja yang bisa mengalami penuaan dini. Tapi penuaan dini juga bisa terjadi pada rambut kita sobat.

Pengen tau penyebabnya munculnya uban di usia remaja? Nih penyebabnya:

1. Kurang asupan vitamin

Mungkin tanpa disadari, nutrisi yang Anda konsumsi setiap hari tidak seimbang. Kurangnya gizi dapat mengakibatkan anemia atau kondisi ketika tubuh kekurangan zat darah merah. Anemia mengakibatkan tubuh tidak bisa menyerap vitamin B secara maksimal. Kekurangan vitamin B dapat mengakibatkan gangguan pada pigmen di rambut.

2. Kelainan pada kelenjar tiroid

Menurut sebuah penelitian medis di Universitas Michigan, kelainan pada kelenjar tiroid mengakibatkan hormon di dalam tubuh tak seimbang. Hal tersebut dapat menimbulkan gejala hipotiroid. Salah satu gejala hipotiroid adalah munculnya uban sebelum waktunya. Apabila Anda memiliki sejarah penyakit tersebut, mungkin Anda perlu melakukan medical check up.

3. Rambut kekurangan sebum

Ketika rambut kekurangan cairan sebum yang berfungsi melembapkannya secara alami, maka rambut menjadi kering dan berubah warna menjadi putih. Kurangnya berbagai mineral seperti zat besi merupakan salah satu penyebab produksi sebum berkurang.

4. Menjalani gaya hidup tak sehat

Kebiasaan dan gaya hidup yang tak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol, akan mempercepat timbulnya uban. Sebuah penelitian di Amerika menemukan, bahwa uban perokok lebih cepat empat kali timbul uban dibanding mereka yang tidak merokok.

5. Keturunan

Alasan satu ini tak bisa Anda tolak. Beberapa orang memiliki kelainan bawaan yang mengakibatkan sel-sel yang memproduksi zat melanin (pigmen rambut) berhenti. Akibatnya, uban timbul lebih cepat dari seharusnya.

Iklan

Ditandai:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: