Sejarah

 
Sejarah Singkat

SMP Negeri 4 Metro berdiri menggantikan SKKP Negeri Metro yang beralamatkan di Jalan Kemiri 15A Metro. Hal ini terjadi setelah adanya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0191/U/1980 tertanggal 11 Juli 1980, mengenai Integrasi SKKP Negeri Metro menjadi SMP Negeri 4 Metro.

Dalam pengintegrasian SKKP Negeri Metro menjadi SMP Negeri 4 Metro, sarana dan prasarana pendidikan SKKP Negeri 4 Metro dan dewan guru serta staf tata usaha beralih status menjadi SMP Negeri 4 Metro. Pada saat itu, kepala SKKP Negeri 4 Metro sedang dijabat oleh Ny. Nurmaida. Pada saat pengintegrasian, beliau menjadi kepala SMP Negeri 4 Metro yang pertama. Sebenarnya, beliau telah menjabat sebagai kepala SKKP Negeri 4 Metro sejak 1973. Ny. Nurmaida menjadi kepala SMP Negeri 4 Metro hingga 1992. Kemudian, beliau digantikan oleh Drs. Haki Achyar.

Pada tahun 1996, SMP Negeri 4 Metro berganti nama menjadi SLTP Negeri 4 Metro. Drs. Haki Achyar menjadi Kepala SLTP Negeri 4 Metro hingga bulan Agustus 1998. Kemudian, beliau digantikan oleh Drs. Supriyadi.

Drs. Supriyadi menjadi Kepala SLTP Negeri 4 Metro hingga bulan April 2002. Kemudian, beliau digantikan oleh Sunanto, S.Pd hingga tahun 2004. Pada tahun 2004, beliau digantikan oleh Sri Rahayu, M.Pd sampai tahun 2010. Setelah tahun 2010, ST. Riyanto Suwarno, M.Pd menjabat sebagai Kepala SMP Negeri 4 Metro sampai sekarang menggantikan Sri Rahayu, M.Pd.

Aktivitas Saat Ini
MoU Kerjasama SMPN 4 Metro dengan Shelton College International [7]

Guna mempererat kerjasama bidang pendidikan, SMPN 4 Metro Lampung dengan Shelton College International menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di Singapura, Kamis 19 Juli 2012. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala SMPN 4 Metro, Riyanto Suwarno dan Director for International Office Shelton College, Patrick M. Hogan, dengan disaksikan oleh Walikota Metro Lukman Hakim dan perwakilan dari KBRI Singapura. Bidang-bidang kerjasama dalam MoU tersebut antara lain pertukaran murid dan guru, serta program immersion.

Walikota Metro, Lukman Hakim dalam sambutannya menyatakan menyambut baik ditandatanganinya MoU tersebut untuk memajukan pendidikan di Metro. “Kerjasama ini memberi peluang bagi pelajar-pelajar di Metro, khususnya di SMPN 4 Metro untuk berinteraksi dengan pelajar asing, utamanya menyerap pendidikan yang maju di Singapura,” ujarnya. Lebih lanjut Lukman menegaskan keinginannya untuk menjadikan kota Metro sebagai kota pendidikan.

Sementara itu, Director for International Office Shelton College, Patrick M. Hogan menyatakan kebanggaannya dapat bekerjasama dengan SMPN 4 Metro. “Ini adalah pengalaman berharga bagi kami dan kami berharap dapat segera mengimplementasikan butir-butir kerjasama ini,” ucapnya.

Sebelumnya, rombongan Walikota Metro dan Dinas Pendidikan Kota Metro serta Kepala SMPN 4 Metro diterima dalam acara ramah tamah dengan Dubes Andri Hadi di KBRI Singapura pada hari Rabu, 18 Juli 2012. Dalam kesempatan ramah tamah tersebut, Dubes mengingatkan agar MoU tersebut jangan hanya di atas kertas, namun harus ada langkah-langkah implementasinya. Hal itu sejalan dengan MoU di bidang pendidikan yang telah ditandatangani Indoensia dan Singapura pada saat Leaders’ Retreat di Bogor, 13 Maret 2012. “KBRI Singapura akan selalu siap membantu implementasi MoU tersebut,” ucap Dubes.

Teacher Exchange

Pada 8-13 Oktober 2012, SMP Negeri 4 Metro mengadakan Teacher Exchange dengan Shelton College dengan mengirimkan:

  • Rustinawati, M.Pd
  • Hermiyati, S.Pd
  • Dra. Manoni Yuliatun
  • Noor Saniyah, S.Pd
  • Sri Endang Supriyatun, M.Pd
  • Ruliana Sofia, S.Pd
Science Camp Tingkat Provinsi Lampung

SMP Negeri 4 Metro diakui sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional pada 2008. Pada tahun yang sama, sekolah ini juga mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008. Selanjutnya, sekolah ini banyak mengikuti aktivitas akademik dan non akademik, seperti Science Camp di Bandarlampung, Indonesia pada 20 Oktober 2012. SMP Negeri 4 Metro mengutus:

Hasil dari kompetensi tersebut adalah SMP Negeri 4 Metro menjadi Juara Kedua Science Camp Bandar Lampung.

Lomba Kebersihan Antarkelas

Lomba kebersihan antarkelas merupakan agenda rutin SMP Negeri 4 Metro. Ini merupakan salah satu event tahunan yang penting diadakan untuk memotivasi setiap siswa untuk menjadi pribadi yang bersih nan sehat. Untuk tahun ini, penilaian diadakan mulai dari 18 November-8 Desember 2012. Tim penilai terdiri dari pengurus OSIS dan beberapa guru pembimbing.

Ujian Akhir Semester 1 T.A. 2012/2013

Untuk mengukur seberapa kemampuan peserta didik selama 1 semester ini (2012/2013), SMP Negeri 4 Metro mengadakan evaluasi akhir semester (Final Examination) semester 1 pada tanggal 26-28 November 2012 untuk ujian semester dari Direktorat Jenderal Pembinaan Sekolah Menegah Pertama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (ujian semester RSBI yang menguji kemampuan siswa dalam mata pelajaran Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris) dan tanggal 29 November – 7 Desember 2012 untuk ulangan umum semester 1 (ujian semester selain mata ujian yang diujikan pada ujian semester RSBI).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: